Komunikasi Dalam
Organisasi
Komunikasi adalah
suatu proses penyampain seseorang terhadapa apa yang dia pikiran atau rasakan
kepada seseorang, organisasi, kelompok atau masyarakat.
Jenis-jenis
komunikasi yang ada :
1.
komunikasi antar pribadi adalah komunikasi
antara satu orang dengan satu orang.
2.
komunikasi kelompok adalah komunikasi antara
seseorang dengan sebuah organisasi
3.
komunikasi massa adalah komunikasi antara sesorang
dengan suatu orang yang banyak melebihi organisasi
Proses komunikasi
Pada tataran
teoritis, paling tidak kita mengenal atau memahami komunikasi dari dua
perspektif, yaitu:
- Perspektif Kognitif. Komunikasi menurut Colin Cherry, yang mewakili perspektif kognitif adalah penggunaan lambang-lambang (symbols) untuk mencapai kesamaan makna atau berbagi informasi tentang satu objek atau kejadian.
- Perspektif Perilaku. Menurut BF. Skinner dari perspektif perilaku memandang komunikasi sebagai perilaku verbal atau simbolik di mana sender berusaha mendapatkan satu efek yang dikehendakinya pada receiver.
Mengatasi Hambatan Komunikasi dalam Organisasi
1.Membuat suatu
pesan secara berhati-hati, tentukan maksud dan tujuan komunikasi serta
komunikan yang akan dituju.
2. Meminimalkan
gangguan dalam proses komunikasi, komunikator harus berusaha dapat membuat
komunikan lebih mudah memusatkan perhatian pada pesan yang disampaikan sehingga
penyampaian pesan dapat berlangsung tanpa gangguan yang berarti.
3. Mempermudah
upaya umpan balik antara si pengirim dan si penerima pesan, cara dan waktu
penyampaian dalam komunikasi harus direncanakan dengan baik agar mengahasilkan
umpan balik dari komunikan sesuai harapan.
Watch Live Poker in VR
BalasHapusLive Poker is online converter of youtube to mp3 one of the top online poker games of the past decade. It offers realistic and engaging poker environment Rating: 5 · 1 vote · Free · Android · Game